5 Tips Memilih Furniture Untuk Interior Rumah Nyaman

Salah satu pengisi interior rumah adalah furniture. Namun Anda perlu strategi tepat dalam pemilihan furniture, untukĀ  rumah agar bisa menghasilkan tampilan rumah yang tetap nyaman dan rapi. Furniture tidak hanya diletakkan pada bagian ruang tamu saja, tapi pada beberapa ruangan tertentu di rumah.

Untuk Anda yang masih bingung ingin memilih furniture apa yang cocok untuk interior dalam rumah, berikut beberapa rekomendasinya.

1. Sesuaikan Ruangan Dengan Furniture

Yang pertama, Anda harus menyesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran furniture. Misalnya jika Anda memiliki ruangan dengan ukuran mungil, maka sebaiknya jangan memilih sofa dengan ukuran terlalu besar sehingga membuat ruangan semakin sempit.

Meski ruangan kecil Anda harus memberikan kelegaan berupa space walaupun sedikit untuk membuat ruangan tetap estetik. Selain itu, ruangan yang sedikit lebih lega akan membuat anda lebih mudah untuk membersihkan ruangan tersebut.

2. Ketahui Konsep Ruangan

Selanjutnya untuk mengisi furniture di dalam rumah maka sesuaikan dengan konsep ruangan anda. Ada beberapa konsep yang umumnya dipakai oleh orang-orang seperti misalnya minimalis, modern, klasik, kontemporer, pop retro dan masih banyak lagi.

Tentu berbeda tema ruangan maka berbeda pula furniture yang mengisi ruangan Anda. Misalnya untuk rumah dengan gaya klasik maka furniture yang dominan digunakan adalah dari bahan kayu dan ukiran. Namun untuk rumah bernuansa minimalis maka penggunaan furniture biasanya tidak terlalu banyak jika memakai furniture biasanya dipilih model yang sederhana.

3. Bahan Furniture

Anda juga perlu perhatikan bagaimana bahan furniture yang dipakai untuk mengisi ruangan. Untuk ruangan klasik bisa memilih furniture denganĀ  kayu solid, sementara untuk ruangan minimalis modern Anda bisa memanfaatkan partikel board atau bisa juga furniture berbahan aluminium.

Selain bahan Anda juga bisa mempertimbangkan warna dari furniture. Jika sudah melakukan pengecatan ruangan pada interior rumah, maka sesuaikan warna furniture dengan cat ruangan. Melakukan penyesuaian ini sangat penting untuk membuat ruangan warnanya senada dan terlihat rapi.

4. Peletakan Perabot

Dalam melakukan desain interior rumah, maka penting juga untuk mengetahui tempat peletakan furniture. Untuk rumah dengan konsep minimalis Anda bisa membagi satu ruangan menjadi dua fungsi. Untuk peletakan furniture-nya sendiri bisa menjadikan rak atau kabinet sebagai pembatas ruangan.

Hal ini tentu sangat menarik karena selain barang-barang anda tetap rapi di penyimpanan, menjadikan rak atau kabinet sebagai pembatas sangat hemat tempat dan juga biaya.

5. Mencari Referensi Di Internet

Jika masih bingung juga untuk pemakaian furniture pada ruangan, apakah bisa mencari referensi lewat internet. Anda bisa memanfaatkan sosial media pula untuk mengetahui berbagai furniture yang sesuai dengan konsep ruangan.

Siapa tahu pada sosial media Anda bisa menemukan konsep furniture yang pas dengan konsep ruangan Anda. Biasanya pada sosial media juga sudah tercantum pula toko furniture yang bisa Anda kunjungi untuk melihat-lihat berbagai perabotan pengisi ruang.

Anda juga bisa memanfaatkan desainer interior untuk berdiskusi masalah furnitur yang akan diletakkan pada rumah. Interior rumah Anda akan lebih tertata rapi jika menggunakan jasa dari desainer. Karena desainer tentu lebih tahu masalah penataan ruangan.

Untuk yang sedang mencari desainer interior, bisa memanfaatkan platform penyedia jasa dari Sejasa. Lewat Sejasa, Anda bisa menemukan jasa desain interior rumah profesional dengan kredibilitas tinggi dan portofolio yang baik. Kunjungi Sejasa lewat aplikasi maupun website resminya di Sejasa.com.