7 Kuliner Bandung Yang Wajib Dicoba

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung tidak hanya terkenal dengan fashion ataupun alamnya yang indah saja namun kuliner yang ada di kota ini juga bisa menjadi magnet para wisatawan untuk berkunjung ke paris van java ini.

Kuliner Bandung itu banyak macam dan bentuknya. Hal itu membuat cita rasa yang ditawarkan jadi beragam. Jangan heran jika banyak yang bilang kalau Kota kembang ini adalah gudanganya makanan enak. Mau yang pedas, manis, hingga gurih pun semuanya ada. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan seleramu.

Biar kamu nggak bingung-bingung mencari lokasi kulineran di Bandung, kita telah memilihkan beberapa yang terkenal. Berikut ini ulasan selengkapnya! Selamat ngiler 🙂

1. Bolu Bakar Tunggal
Ya, bolu bakar ini aku taruh paling atas karena banyak dari teman-teman di instagram yang merekomendasikan makanan yang satu ini. Jadi ini tuh bolu berbentuk balok persegi panjang, dipotong dibagi dua untuk diberi mentega terus diberi filling dan dibakar di atas panggangan yang dibagi dua. Untuk filling-nya macam-macam dan bisa campur. Ada yang manis dan ada yang asin.

Buat aku ini okelah karena fillingnya tebal dan tekstur roti tetap garing dan empuk walaupun aku pesannya lewat Go-food. Cocok buat menemani ngemilmu selama di Bandung.

Jl. Jend. Sudirman No. , Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat Mon to Sun 7PM – 6PM
(022) . Bakso Arif
Nah, Kalau tempat bakso yang satu ini aku hampir gak pernah absen saat ke Bandung. Bakso Arief menyajikan berbagai menu bakso, seperti bakso keju (Favorit), bakso urat, bakso jamur, bakso rica dan bakso polos.

Semua menu bakso tersebut biasanya disajikan bersama dengan yamin, yahun, mie, atau bihun. Tapi aku biasa memesan terpisah untuk yang bakso gorengnya.

Alasan aku selalu kembali ke sini adalah bakso gorengnya. Tekstur baksonya sangat renyah, gurih dan cenderung asin. Setiap baksonya berisi bongkahan kecil keju. Rasanya enak banget dan lebih sempurna jika kamu tambahkan saus atau kecap sesuai selera kamu.

Jl. Wira Angun Angun No.20 RT.02, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat Mon to Sat 9AM – 5PM . Summerbird Restaurant
Gak lengkap kalau udah ke Bandung tapi kita gak mampir ke kafe-kafe lucu disini. Summerbird restaurant berlokasi di Summerbird lodge yang mana kafe ini memang milik dari hotel tersebut.

Interior kafe ini sangat cantik dan instagrammable, suasana kafe ini juga sangat homey. Selain itu makananya pun enak-enak dengan harga yang terjangkau juga.

Jl. Kesatriaan No.eleven, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat Mon to Sun 7AM – 11PM
(022) . Cuanki Akang Bandung
Duuh, yang suka pedes harus banget deh coba dateng kesini, karena Cuanki Akang ini terkenal dengan sensasi pedasnya. Sajian bakso disini disajikan dengan kuah berwarna merah. Warna merah tersebut berasal dari bumbu rahasia yang didominasi oleh cabai. Cabai dalam kuah dimasukkan utuh-utuh. Namun juga ada campuran cabai yang telah diuleg.

Jadi menu favoritku disini adalah semangkuk bakso cuanki dengan kuah pedas dengan topping lobster. Aku lupa nama menu ini apa cuman kalau ditanya ini adalah finest sellernnya.

Serayu St No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung City, West Java Mon to Sun 11AM – 7PM . Es Durian Pak Aip
Kalau kamu ingin mencari jajanan yang segar-segar di Bandung, coba deh mampir ke Es Durian Pak Aip. Es durian yang berada tidak jauh dari Simpang Dago ini sudah terbukti enak dan menjadi incaran para wisatawan.

Ciri khas utama dari Es Durian Pak Aip terletak pada penyajian buah durian utuh dalam setiap mangkuk esnya. Pilihan durian yang nikmat dan legit semakin terasa dengan es serut, susu kental manis, dan berbagai tambahan buah lainnya.

Jl. Tubagus Ismail Raya No.5G, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat Mon to Sun 9AM – 9PM . Bubur Bareto Mang Kumis
Makan bubur pagi-pagi itu udah biasa ya. Nah, gimana kalo kita makan bubur saat sore menjelang Magrib. Sejuknya udara Kota Bandung makin lengkap ketika disuguhi seporsi bubur orisinal yang hangat untuk menutup makan malam.

Bubur Bareto Mang Kumis ini memang salah satu kuliner legend di Bandung karena berdirinya saja sudah puluhan tahun dengan resep yang turun menurun. Uniknya bubur disini jika kita membalikan piring tidak akan jatuh loh! Dan saat penyajiannya topping yang diberikan juga melihmpah.

Jl. Gedong Sembilan, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat ( Persis disebelah Hotel Hilton)
Mon to Sun 7PM – 10PM . Pisang Goreng Keju Tanduk Papaday Cibadak
Buat kamu pencinta kuliner, kalau lagi di Bandung harus banget ke kawasan Cibadak. Daerah ini menghadirkan berbagai jenis kuliner yang pastinya membuat kamu tak sabar ingin mencicipinya. Di kawasan Cibadak ini, kamu juga bisa menemukan berbagai jajanan dan makanan legendaris yang kualitas rasanya sudah terjamin enak. Salah satunya adalah Pisang Goreng Keju Tanduk ini.

Kenapa pisang goreng ini sangat enak? Karena pisang disajikan dalam ukuran besar-besar dan secara utuh tanpa diberikan tepung. Setelah Pisang goreng Cibadak ini menggunakan pisang tanduk. Setelah pisang digoreng hingga keluar caramel-nya dan ditiriskan, pisang terlebih dahulu dipipihkan lalu bagian atasnya diiris dan dibagi dua.

Setelah bagian atasnya terbagi dua, baru kemudian diberikan topping keju yang melimpah, coklat meses, dan susu kental manis. Duuh jadi ngiler banget yaaa

Jl. Cibadak, Jamika, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat Mon to Sun 6PM – 11PM

Nah, jadi itu dia petualangan7 Kuliner Bandung yang Wajib Dicobaversi Beken. Kalau kamu mau berbagi referensi wisata kuliner Bandung versi kamu silahkan share di kolom komentar.

Terima kasih telah berkunjung di weblog JajanBeken ya. Ikuti terus petualangan kuliner seru lainnya disini dan jangan lupa untuk subscribe e-mail kamu untuk berita kuliner terupdate lainnya! See you!