7 Tips Memilih Program Akuntansi Terbaik untuk Perusahaan

Saat ini sudah tersedia banyak program komputer yang dibuat oleh para developer handal untuk memudahkan semua pekerjaan manusia, salah satunya adalah program akuntansi. Bagaimana pusingnya jika seorang akuntan suatu perusahaan atau bisnis harus menghitung uang keluar masuk suatu perusahaan dengan kalkulator manual? Pasti sangat melelahkan dan sangat rawan terjadi kesalahan.

Tidak ada satu bisnis pun yang tidak mengelola manajemen keuangan, semuanya berusaha mengelolanya dengan baik dan benar. Di Indonesia sudah tersedia banyak program akuntansi keuangan dengan berbagai fitur dan kebutuhan, belum tentu bisnis satu dan yang lain bisa menggunakan software akuntansi yang sama karena ada perbedaan dalam pencatatan laporan keuangannya.

Mari kita pahami penjelasan tentang program akuntansi di bawah ini.

Program Akuntansi

Program akuntansi sederhana ini adalah sebuah software untuk komputer atau laptop yang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha karena aplikasi ini digunakan untuk mencatat dan memproses semua yang berhubungan dengan transaksi keluar maupun masuk.

Program akuntasi ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur agar bisa menghasilkan laporan seperti:

  • Laba rugi
  • Neraca
  • Arus kas

Untuk mendapatkan hasil laporan tersebut diperlukan penyusunan buku besar. Software ini bisa dibeli atau dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Bila dikembangkan sendiri, ini berarti memulai dari nol. Untuk menghemat waktu, program ini bisa dibeli dan kemudian dikembangkan agar cepat dan berbeda dari program akuntasi perusahaan yang lainnya.

Software Akuntansi

Software adalah perangkat lunak yang dijalankan dalam suatu sistem komputer maupun smartphone. Di jaman yang serba digital, software merupakan salah satu hal yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan seseorang yang berkaitan dengan akuntansi sekalipun.

Awalnya akuntansi dikerjakan pada media yang sederhana seperti buku, jurnal, dengan peralatan menulis yang seadanya. Berbagai ilmu pengaturan keuangan dikerjakan secara konvensional yang notabene cukup memberatkan para akuntan.

Selain itu, dengan metode tradisional tersebut transparansi serta keberlangsungan proses akuntansi sebuah instansi tidak bisa berjalan dengan semestinya. Inilah yang mendasari mengapa banyak pihak beralih menggunakan software akuntansi, terutama ketika perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan produk aplikasi semakin beragam.

Definisi dari software akuntansi itu sendiri adalah aplikasi khusus untuk para akuntan yang mampu membantu proses dokumentasi transaksi.

Tips Memilih Program Akuntansi

1. Jenis Perusahaan

Sebelum memilih software akuntansi, ketahui dulu jenis bisnis yang sedang Anda jalankan seperti bisnis dagang, jasa, manufaktur, industri, agraris dan sebagainya.

Selain itu ketahui juga bentuk bisnis Anda apakah milik pribadi, UMKM, CV, Firma atau perusahaan. Karena ada beberapa kebutuhan akuntansi yang perbedaan tiap jenis dan bentuk bisnis yang dijalankan.

2. Software yang Digunakan

Selanjutnya adalah mengetahui software akuntansi yang sedang dipakai saat ini. Jika sebelumnya tidak menggunakan software akuntansi maka bisa langsung menentukan pilihan software akuntansi, tetapi sebaliknya jika sebelumnya sudah menggunakan software akuntansi lain maka tanyakan pada vendor support software akuntansi yang akan Anda gunakan apakah tersedia fitur integrasi atau tidak.

3. Kemampuan Tim

Kemampuan seorang akuntan dan tim keuangan bisnis Anda juga penting. Sudah bayar mahal untuk software akuntansi tetapi tidak bisa mengoperasikan hasilnya akan sama saja. Tetapi biasanya penyedia software akuntansi memberikan modul atau training kepada penggunanya untuk berbagai fitur yang dimilikinya.

4. Fitur Integrasi Software

Apakah saat ini Anda memerlukan software akuntansi yang bisa diintegrasikan dengan beberapa divisi lain seperti divisi produksi, purchasing, inventory, perpajakan, pengajian dan lainnya. Ini menjadi salah satu tips penting agar tidak kebanyakan menggunakan software yang berbeda-beda setiap divisinya. Kalau perlu cari software akuntansi dengan fitur terlengkap untuk semua kebutuhan bisnis.

5. Memiliki Support System yang Baik

Sebelum membeli, pastikan dulu adanya support system dari pihak penjual atau vendor dari program tersebut. Jika tidak adanya suatu support system yang baik, nantinya akan kesulitan dan ketika terjadi suatu error atau permasalahan yang terjadi pada software tersebut. Kemungkinan Anda akan tidak bisa melakukan claim atau menanyakan terkait produk tersebut.

Mungkin bisa melihat rating atau review dari program yang akan dibeli. Ini untuk memastikan apakah developer program dapat menyelesaikan masalah ketika dalam penggunaannya.

6. Auditing

Banyak orang membeli program tapi tidak mengetahui tentang pentingnya fitur Audit Trace. Padahal fitur ini akan sangat membantu dan mempermudah pekerjaan pengecekan transaksi di lapangan.

Banyak program yang memiliki banyak fitur ketika beriklan, tetapi ketika digunakan untuk melakukan audit, transaksi per modul atau per divisi, dan kegiatan lainnya ternyata memiliki berbagai macam masalah. Jadi fitur yang diberikan harus sesuai, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang balance dan valid.

7. Faktor Lainnya

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan seperti dukungan hardware, software dan sistem operasi jika software akuntansi offline atau online pastinya ada spesifikasi khusus untuk bisa menggunakannya.

Ada juga beberapa partner bisnis/perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan salah satu software akuntansi yang sudah ditunjuk, jika sudah seperti ini mau tidak mau Anda juga harus menggunakannya.

Pastikan beberapa tips ini Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan program akuntansi apa yang akan digunakan. Pemilihan sotware akutansi yang sesuai dengan SOP yang telah diterapkan oleh perusahaan akan membuat kemudahan team Anda bekerja dan laporan keuangan yang dihasilkan dapat mencegah dari kecurangan.

Ada juga salah satu kekhawatiran para pengusaha dalam memilih program akuntansi adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal. Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan dan sebagainya.

Dengan menggunakan JURNAL, perusahaan akan terbantu dalam setiap tahapan pengelolaan akuntansi. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat terbantu dalam mengelola dan menyajikan laporan bisnis lainnya.

Penghitungan dari laporan keuangan tersebut tersebut kini sudah tak perlu dilakukan dengan cara manual. Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah karena JURNAL merupakan software akuntansi yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan akuntansi perusahaan dan dapat dicustom sesuai kebutuhan.

Berbagai macam penghitungan dan pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara terintegrasi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software JURNAL yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli Jurnal by Mekari. Gratis!