AC Mobil Anda Bermasalah? Yukk Taksir Biaya Service AC Mobil Terkini

Mobil sebagai kendaraan roda empat banyak dilirik sebagai pilihan perjalanan. Salah satu mobil yang menjadi penunjang kenyamanan berkendara tak lain adalah AC. Ternyata tak hanya mesin, AC pun juga memerlukan perawatan khusus secara rutin dan berkala. Tujuannya agar performa pada mesin AC selalu prima dan terjaga.

Banyak para pemilik mobil melakukan servis AC bila sudah merasakan masalah pada mesin AC nya. Mulai dari kondisi suhu AC mobil yang sudah tidak sejuk lagi. Atau kondisi AC yang sudah rusak. Kebiasaan tersebut justru nantinya akan membuat biaya servis lebih boros.

Bagian yang paling sering mengalami masalah pada AC mobil adalah kompresor. Komponen kompresor merupakan bagian yang sering diservis. Apabila Anda rutin service AC mobil atau menjadwalkan perawatan, maka performa akan terjaga dan kecil kemungkinan adanya penggantian komponen baru. Sebab penggantian komponen pada kompresor bisa menguras anggaran keuangan anda.

Pada kompresor AC mobil, ada yang namanya piston. Piston ini membutuhkan pelumas. Komponen pada kompresor yang tidak pernah dicek, maka tidak akan diketahui kondisi pelumas pada piston. Jika pelumas habis, bisa mengakibatkan rusaknya kompresor. Apabila sudah terjadinya kehabisan pelumas, maka AC mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal. Sehingga menyebabkan suhu udara tidak lagi sejuk.

 

1. Kapan anda Harus Service AC Mobil?


Pada umumnya, service AC mobil ada dua jenis. Yaitu basic service, berikutnya ialah advance service. Pada jenis basic service, biasanya perawatan harus dilakukan dikala mobil telah menempuh jarak sejauh 10.000 km sampai 20.000 kilometer atau kurun waktu 1 tahun. Apabila anda sering menggunakan AC mobil di daerah perkotaan dengan tingkat polusi udara yang tinggi, alangkah lebih baik bila sudah menempuh jarak 10.000 km, segera melakukan perbaikan AC mobil di bengkel.

Perawatan basic service ini, bengkel akan memeriksa dan melakukan perawatan pada bagian kompresor. Seperti mengganti oli kompresor dan membersihkan kotoran yang menempel pada komponen tersebut. Bengkel juga akan mengganti receiver, dryer dan filter kabin. Sebab komponen itu hanya digunakan sekali pakai.

Sedangkan untuk perawatan advance service, umumnya dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Bedanya dengan basic service, pada advance service, item komponen yang diservis lebih banyak. Misalkan perawatan pada komponen kompresor, evaporator, dan kondensor. Juga komponen yang diganti seperti expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin.

 

2. Taksiran Biaya Service pada AC Mobil


Biaya servis pada AC mobil sangat variatif. Semuanya tergantung pada kerusakan yang dialami dan komponen apa saja yang akan diperbaiki. Tipe mobil juga mempengaruhi biaya servis. Pada umumnya, bengkel servis AC mobil sudah memasukkan biaya penggantian Freon bila Freon AC mobil harus diisi ulang.

Untuk mobil keluaran Jepang, biaya servis berada pada kisaran angka Rp 300 ribuan. Sementara untuk mobil produk keluaran Eropa, tarif yang dikenai untuk servis mencapai 1 juta hingga 4 juta rupiah. Beberapa bengkel ada yang mematok biaya jasa isi Freon secara terpisah dengan kisaran harga Rp 200 ribu.

Mobil produk Eropa dibanderol harga servis lebih mahal karena tingkat kerumitan pada komponen AC. Dan tidak Semua bengkel AC mobil bisa memperbaiki mobil keluaran Eropa. Biasanya terdapat bengkel khusus yang menanganinya. Salah satunya layanan service dari Supercar.id yang bisa Anda akses halawan websitenya.

Nah Sobat, demikianlah informasi mengenai taksiran biaya service AC mobil yang bisa kami sajikan. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menyiapkan budget terbaik sesuai permasalahan AC mobil.