AC Mobil Panas Saat Kejebak Macet, Penyabab dan Solusinya

Anda tentu saja bingung ketika mengalami AC tiba tiba panas saat macet, ini tentu saja sangat menggangu sekali dimana memang akan membuat anda gerah dan bisa saja emosi.

Pada banyak kasus bukan hanya pada jenis mobil city car seperti agya saja, namun fortuner kemudian Innova dan banyak jenis mobil lainya juga tidak menutup kemungkinan akan mengalami hal yang sama, maka dari itu yuk kita bahas apa saja penyebab dan cara mengatasi AC Mobil panas ini.

Sampai sekarang memang AC tentu saja menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah kendaraan yang memang harus selalu diperhatikan dari sisi fungsionalnya supaya tetap hidup, untuk masalah ini sendiri coba kita cari tahu solusinya.

Beberapa Sebab AC Mobil Panas Saat Macet

Magnetic Clucth Bermasalah

Nah coba sahabat priksa deh pada bagian ini, dimana kondisi Magnetic Clucth yang tidak beres ini kerap kali akan membuat AC menjadi panas lama lama dalam kondisi mobil tidak bergerak atau jalanan macet.

Kondisi ini terjadi dikarenakan roda magnet melemah dikarenakan terkena hawa panas yang datang dari besin secara terus menerus di saat mobil tidak berjalan atau dalam kondisi macet yang berkepanjangan.

Masalah pada Cooling Fan

Penyebab lain juga bisa jadi karena Coolong fan AC Mobil anda mati. Kondisi ini akan memberikan dampak pembuangan suhu panas yang saat ini berada pada bagian kondesor menjadi tidak efektif.

Pada beberapa mobil MPV seperti toyota innova masalah seperti ini ketika anda rasakan kami sarankan segera ke bengkel terdekat dan ganti saja Cooling fannya.

Freon Berlebihan

Serba salah memang, freon habis salah berlebihan juga salah. Alasan sederhana kenapa AC mobil panas jika freon berlebihan adalah karena tekanan semakin kuat dan kalau ini terjadi maka proses overheat pada mesin sangat bisa juga lebih cepat.

Pada beberapa kejadian juga kondisi ini membuat kompresor mobil menjadi mati. Kebanyakan memang kondisi ini jarang terjadi kecuali anda adalah pemiliki mobil yang tidak paham apa apa sehingga freon terus anda isi dan akhirnya penuh karena mobil tidak dingin padahal sebabnya tidak melulu karena freon habis.

Sistem AC Macet

Dalam banyak kasus Ssitem AC macet ini sendiri kerap terjadi dimana ada banyak faktornya mulai dari kondisi dryer filter, kemudian kondensor, sampai dengan valvenya yang bermasalah. Jika kondisi ini terjadi maka akan berakibat pada sirkulasi freon mampet dan AC menjadi tidak dingin.

Evaporator Kotor

Kemudian masalah lain juga bisa karena yang kotor bagian Evaporator ini karena pada bagian filter terkadang banyak debunya sehingga AC yang keluar akan tidak kerasa memang, maka dari itu segera priksa kondisi Evaporator mobil anda apakah tersumbat atau sudah rusak.

AC Mobil Bocor

Pernah mendengar istilah ini ? ya kebocorang pada ac mobil adalah sebuah kejadian yang sering terjadi memang dimana kalau masalah ini terjadi kami sarankan anda langsung saja ke bengkal terdekat.

Jika mobil innova maka bisa ke bengkel Toyota dan lainya sesuaikan saja dengan jenis kendaraan anda.

Mesin Overheat

Kemudian masalah yang serius yang akan menyebabkan AC Panas juga meskipun dalam kondisi macet atau diam adalah karena kondisi mesin yang panas atau overheat. Kondisi Overheat ini sendiri disebabkan oleh banyak faktor bisa karena oli mobil jelek, akan mau habis, masalah pada busi pengapian sampai dengan klistrikan.

Mengatasinya tentu saja dengan cara anda harus ke bengkel dan segera lakukan service rutin kendaraan anda sebelum mengalami turun mesin.

Solusi Mentahasi AC Mobil Panas

Dalam memberikan solusi ini memang terbaik kami sarankan anda langsung cek kondisi mobil anda di bengkel terdekat, karena memang kalau dibiarkan begitu saja bisa jadi mobil anda akan mengalami kerusakan di berbagai komponen.

Jangan sampai freon habis, kemudian cek kondisi evavorator, sistem AC dan lain sebagainya yang menjadi cikal bakal penyebab utamanya.

Sampai disini kami bisa memberikan anda ulasan menarik dan lengkap mengenai sebab musabab ac mobil panas saat macet semoga bisa bermanfaat ya sahabat semua.