Daftar Bank Di Indonesia Penyedia Open Banking

Memasuki era digital seperti sekarang ini, rasanya bukanlah hal mustahil jika seorang dapat melakukan pembayaran antar perusahaan satu dengan yang lain, misalnya saja saat berbelanja atau membayar tagihan melalui aplikasi fintech kemudiaan membayarnya melalui transfer uang dari rekening bank ke aplikasi tersebut secara langsung tanpa harus pergi mengantri di atm atau ke bank. Semakin mudahnya masyarakat melakukan transaksi jual-beli dan transaksi lain yang berkaitan dengan keuangan menunjukkan semakin berkembangnya teknologi yang ada.

briapi open banking misalnya, merupakan salah satu fitur keuangan terbuka yang memberikan warna baru di dunia industri keuangan. Kemunculannya memang belum lama, baru muncul sekitar tahun 2015 yang diperkenalkan oleh Parlemen Inggris kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Sebagai negeri yang terbuka terhadap perkembangan jaman, di Indonesia sendiri sistem keuangan terbuka perlahan mulai dikembangkan. Bahkan BI selaku bank utama di Indonesia, juga mendorong bank-bank lain di seluruh pelosok negeri untuk turut serta sebagai inovator keuangan terbuka mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat terhadap teknologi keuangan terbuka ini.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap produk inovasi keuangan terbuka bukanlah tanpa alasan, kemudahan yang mereka rasakan saat bertransaksi, alur perjanjian yang tidak memakan waktu lama, serta kemudahan dalam membagikan perijinan dapat dilakukan hanya dengan memainkan tombol dengan sekali pencet. Minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap kemudahan transaksi melalui produk keuangan terbuka ini membuka peluang bagi para pengusaha fintech, start-up digital, dan sejenisnya untuk mengembangkan bisnis.

Jika anda seorang pelaku usaha yang membutuhkan pelayanan keuangan terbuka agar mudah terhubung dengan konsumen, maka anda harus menjalin kerjasama dengan perusahaan keuangan utamanya perbankan agar mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi dengan pelanggan.

Maka di bawah ini akan disajikan beberapa perbankan yang menawarkan Open Banking, bagi anda para pengusaha agar dapat terhubung dengan konsumen anda.

1. Api BCA

API BCA merupakan solusi pelayanan keuangan terbuka yang ditawarkan oleh bank BCA. Fiture ini memberikan kemudahan bertansaksi antar pihak ketiga dengan konsumen melalui API yang dikeluarkan oleh bank BCA. Fasilitas yang diberikan diantaranya adalah mutasi rekening baik dalam jumlah kecil maupun besar, notifikasi pembayaran, kirim faktur pembayaran, dan masih banyak lagi.

2. BRIAPI

Merupakan layanan keuangan terbuka yang ditawarkan oleh bank BRI selaku bank yang mengedepankan kesejahteraan rakyat Indonesia. BRIAPI ini memiliki beberapa keamanan yang dapat anda dapatkan selaku pengguna jasa BRI, seperti safety, clarity, meminimalisir  timbulnya fraud, dan masih banyak lagi.

3. CIMB Niaga API

Merupakan platform digital yang memberikan kemudahan bagi pihak ketiga baik fintech, digital startup, dan pelaku e-commerce lainnya untuk terhubung kepada konsumen. CIMB Niaga API ini memberikan akses berupa bebas penggunaan Sandbox Perseroan, dokumen lengkap yang mudah dipahami, interaksi gratis dengan komunitas developer, dan keunggulan lainnya.

4. Mandiri API

Merupakan produk keuangan terbuka yang dikeluarkan oleh bank Mandiri yang sangat cocok digunakan untuk pelaku UMKM baik yang masih berskala kecil maupun besar. Mandiri API ini memberikan pelayanan berupa bill payment, auto debit, top-up, dan masih banyak lagi keuntungan yang akan dapatkan selaku pihak ketiga jika menjalin kerjasama dengan Mandiri API.

Itu tadi beberapa daftar bank yang dapat anda jadikan mitra kerjasama anda untuk melakukan Open Banking, agar anda lebih mudah untuk terhubung ke pelanggan anda.