15/06/2021

Kenali Beberapa Gejala Umum Penyakit Corona

3 min read

 

Sudah satu tahun lebih dunia dibuat gempar oleh berkembangnya virus jenis baru yang dinamakan corona. Walaupun keadaan sudah tidak segempar dan seburuk dahulu, kita tentunya tidak boleh begitu saja melupakan kehadiran virus ini di sekitar kita. Walaupun tidak sebanyak dahulu, masih terdapat korban yang jatuh akibat virus ini. Untuk itu langnkah pertama yang wajib kita ambil untuk mengurangi penyebaran virus satu ini adalah dengan mengenali gejala penyakitnya. Dengan mengenali gejala penyakit corona, kita mendapatkan dua hal penting, yang pertama kita bisa mulai berjaga-jaga jikalau terdapat orang yang memiliki gejala tesebut di sekitar kita, dan yang kedua kit bisa langsung memeriksakan ke dokter apabila merasa mengalami beberapa dari gejala penyakit satu ini sehingga penderita akan terisolasi dan mengurangi kemungkinan untuk menularkan virus ke lebih banyalk orang lagi. Corona sendiri bisa menjangkit manusia yang memiliki dua kriteria ini. kriteria pertama adalah orang yang pernah mengalami kontak fisik dengan orang yang positif terjangkit virus COVID-19. Menurut protokol kesehatan yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia, kontak fisik yang dimaksud disini adalah berada pada satu ruangan yang sama atau berjarak kurang lebih 1 meter dengan jangka waktu 15 menit atau lebih selama 14 hari terakhir. Dan kriteria kedua adalah orang yang berusia lanjut (lansia) atau orang yang berumur diatas 60 tahun serta orang yang memiliki beberapa penyakit penyerta, seperti diabetes, hipertensi, HIV/AIDS, atau asma. Orang dengan dua kriteria ini adalah orang-orang yang memiliki kemungkinan besar menderita penyakit Corona.

Namun begitu, tidak semua orang dengan kriteria ini pasti menderita Corona. Untuk itu, WHO (World Health Organizaton) merilis beberapa gejala yang mungkin dirasakan oleh sebagian penderita corona. Dalam lamannya, WHO mengatakan bahwa masing-masing orang memiliki respon tubuh yang berbeda terhadap virus satu ini. Dalam hal ini, terdapat tiga macam gejala yang disebutkan oleh WHO. Yang pertama adalah Gejala umum, dalam hal ini yang termasuk kedalam gejala umum adalah batuk kering, demam, kelelahan. Kemudian yang kedua adalah gejala yang sedikit tidak umum. Beberapa gejala yang masuk pada golongan ini adalah nyeri tenggorokan, konjungtivitas (mata merah), sakit kepala, rasa tidak nyaman serta nyeri, hilangnya indera penciuman atau perasa, serta ruam pada kulit ataupun peruahan warna pada jari kaki dan jari tangan. Kemudian beberapa gejala yang masuk dalam golongan ketiga yaitu gejala serius adalah nyeri dada (rasa tertekan pada dada), sesak napas (kesulitan dalam bernapas) serta hilangnya kemampuan bergerak maupun berbicara.

WHO juga merilis beberapa penanganan yang telah disesuaikan dengan tingkatan gejalanya. Apabila anda merasa sedang merasakan beberapa gejala penyakit corona pada tingkatan gejala umum, dan dinyatakan sehat, maka Anda harus melakukan perawatan mandiri di rumah. Sedangkan bagi penderita yang merasakan gejala serius diharakan segera menghubungi dokter ataupun fasilitas kesehatan dan segera mencari beberapa bantuan medis. Untuk anda yang merasa tidak merasakan gejalanya disarankan untuk jangan memeriksakan diri di rumah sakit, karena dikhawatirkan malah terpapar virus ketika berada disana. Rata-rata penderita penyakit crona akan mersakan beberapa gejala penyakit dalam waktu 5-6 hari setelah pertama kali terinfeksi. Untuk anda yang merasa sehat, cobalah untuk menjaga imun tubuh dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat dan teratur, serta jaga fikiran senantiasa positif, karena pikiran yang negatif akan mempengaruhi mental dan menjadikan imun tubuh semakin melemah.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.