Pahami Manfaat Biji Semangka Berikut Ini Agar Tidak Terbuang Sia-sia

 

Semangka merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, penggemar semangka juga menyukai buah ini karena memberikan rasa segar setelah mengonsumsinya. Buah ini juga bisa dijadikan berbagai olahan seperti es krim, dimakan langsung, di jus, dan dibuat menjadi campuran es buah. Ketika mengonsumsi buah ini, biji kadang menjadi hal yang mengganggu. Padahal biji semangka juga mempunyai manfaat kesehatan yang bisa dirasakan apabila bisa dimanfaatkan dengan baik. Biji semangka juga memberikan manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Oleh karena itulah olah dan rasakan manfaat biji semangka yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan lebih baik.

Nutrisi Biji Semangka

Biji atau kuaci semangka biasanya merupakan bagian yang kurang dimanfaatkan dengan baik. Bahkan juga sering dibuang ketika makan semangka. Atau ketika terlanjur makan biji semangka juga sebenarnya tidak papa karena bisa keluar dengan mudah dan diolah pencernaan. Padahal ada cara lainnya untuk dapat memanfaatkan biji semangka sehingga bisa memberikan manfaat terbaik untuk kesehatan. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi terbaik yang ada di dalam semangka mulai dari zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, folat, dan masih banyak lainnya.

Beberapa kandungan nutrisi semangka yang bisa didapatkan adalah:

  • Magnesium memberikan manfaat mineral yang dapat untuk meningkatkan fungsi metabolisme tubuh, otot, saraf, meningkatkan imun, jantung, hingga kesehatan tulang.
  • Zat besi dalam biji semangka dapat memberikan manfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi per harinya. Sehingga dapat mengubah membantu kalori menjadi energi.
  • Folat atau vitamin B9 yang ada di dalam biji semangka sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Sehingga dapat untuk mencukupi kebutuhan folat dan mencegah bayi lahir cacat.
  • Potasium yang ada di biji semangka dapat memberikan manfaat untuk membuat kesehatan tetap terjaga.
  • Lemak baik atau tak jenuh tunggal dalam biji semangka dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan kadar kolesterol dalam darah.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Biji semangka memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

  1. Pertama dapat bermanfaat untuk membantu menyehatkan rambut karena mempunyai kandungan nikronutrien.
  2. Membantu menjaga berat badan ideal karena kandungan rendah kalori sehingga mencegah obesitas.
  3. Menjaga kesehatan jantung berkat kandungan mineral dan magnesium yang ada di dalamnya.
  4. Membantu menjaga kesehatan sistem saraf hingga regenerasi sel berkat kandungan zinc untuk memelihara sistem saraf.
  5. Dapat mengendalikan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin yang ada di dalam tubuh.

Cara Memanfaatkan Biji Semangka

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, biji semangka tersebut bisa diolah dengan cara berikut ini:

  1. Pertama adalah cuci dan keringkan biji semangka. Rendam biji semalaman dan tunggu beberapa hari hingga biji semangka keluar tunas.
  2. Buang kulit luarnya dan keringkan bijinya dengan cara mudah yaitu tinggal di jemur saja.
  3. Terbarkan biji semangka di atas loyang, tambahkan minyak zaitun, garam, dan bahan lainnya sesuai selera.
  4. Panggang dalam oven selama 20 menit dengan suhu 162 derajat Celcius.
  5. Setelah matang bisa digunakan sebagai cemilan.

Setelah mengenal berbagai manfaat biji semangka untuk kesehatan seperti di atas, maka jangan sia-siakan biji yang biasanya dibuang. Buah semangka bisa dibeli dengan mudah termasuk juga TaniHub yang hanya perlu dipesan lewat smartphone. Selanjutnya pisahkan biji dan buah semangka segar dari TaniHub, sehingga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari buah yang dicintai banyak orang ini.