25/02/2021

Penting! 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ekspor Barang

3 min read

Pemerintah saat ini tengah gencar mendorong para pelaku usaha untuk bisa mengekspor produknya ke berbagai negara luar. Selain perbaikan tata aturan dan pelayanan ekstra, pemerintah pun kini memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang sudah berhasil mengekspor. Salah satunya, penghargaan Primaniyarta, yaitu suatu penghargaan tertinggi dari pemerintah Indonesia kepada para eksportir yang mengukir prestasi.

Bagi Anda yang belum pernah mengunakan jasa ekspor barang ke luar negeri, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum ekspor. Dengan mengetahui hal-hal ini, melakukan aktivitas ekspor bisa menjadi lebih mudah dan aman. Apa saja itu? Yukk simak penjelasan di bawah ini.

 

1. Memberitahu ke KPPBC


Jika Anda memahami seluk beluk barang yang akan diekspor, tentu akan lebih mudah untuk melaporkan atau memberitahukan barang ekspor sesuai dengan data Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB). PEB disampaikan kepada (Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai KPPBC).

Bentuk penyampaian PEB ini dapat berbentuk tulisan (formulir) atau dapat juga berupa data elektronik. Jika Anda memilih data elektronik, Anda bisa memilih Pertukaran Data Elektronik (PDE) atau berupa media penyimpan seperti flash disk atau CD.

 

2. Memahami Ketentuan Barang Ekspor


Semua barang yang hendak diekspor, pastinya memiliki syarat dan ketentuan tersendiri. Beberapa barang mungkin masuk kategori dilarang, atau kategori dibatasi kuantitasnya.

Sehingga, Anda tidak serta merta ingin melakukan pengiriman luar negeri, kemudian langsung saja ekspor begitu saja. Anda perlu memahami kriteria serta ketentuan barang yang hendak diekspor, apakah dilarang atau dibatasi jumlahnya, guna menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

 

3. Pahami Dokumen Yang Diperlukan


Ketika pelaku bisnis ingin menjadi seorang eksportir profesional, penting kiranya Anda memahami semua kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan proses pengiriman barang. Dengan melengkapi dokumen, potensi gagal atau terkendalanya pengiriman menjadi sangat minim.

Dokumen-dokumen ekspor barang meliputi packing list, PEB, NPE, AeroBill, invoice, COA, dan beberapa dokumen penting lainnya. Bagi Anda yang menginginkan proses ekspedisi ke luar negeri lancar, pastikan seluruh dokumen yang diperlukan telah tersedia.

 

4. Update Informasi


Mengikuti perkembangan dan perubahan iklim bisnis dan selalu update informasi merupakan satu hal yang sangat penting bagi para eksportir. Proses satu ini bertujuan agar eksportir dapat memantau segala pergerakan dan perkembangan trend pasar di negara tujuan.

Nah, ketika Anda ingin totalitas di dunia ekspor barang, Anda harus selalu terdepan dan proaktif berkaitan dengan informasi, baik regulasi pabean dalam negeri maupun pabean negara tujuan, persaingan produk, dan sebagainya.

 

5. Mengetahui Bea Keluar


Terdapat beberapa macam barang yang tdapat dikenai biaya bea keluar. Bea keluar ialah pungutan negara yang sesuai dengan Undang-Undang Kepabeanan. Tidak seluruh barang akan dikenai bea keluar, diantara barang-barang yang terkena bea keluar antara lain:

  • Kayu (kayu olahan, serpih kayu, veneer)
  • Kulit (kulit mentah, kulit jangat, kulit disamak)
  • Produk Mineral Hasil Pengolahan
  • Biji Kakao
  • Kelapa sawit serta CPO beserta Produk Turunannya

 

6. Pertimbangan Asuransi


Jika pelaku bisnis profesional, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk memberikan asuransi atau jaminan keamanan terhadap barang yang akan diekspor. Tentu saja, hal ini bertujuan untuk mendapatkan garansi ketika barang yang kita kirim mengalami problem di tengah perjalanan, seperti rusah, kapal tenggelam, hilang, dan lain-lain. Sehingga banyak eksportir yang sudah berpengalaman menganjurkan untuk menggunakan layanan asuransi untuk keamanan produk.

Nah, itulah 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspor barang ke luar negeri. Pastikan keenam hal di atas terealisasi dengan baik agar proses pengiriman barang ke luar negeri menjadi lancar.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.