Perkembangan Bayi 2 Bulan yang Harus Diketahui para Orang Tua

Setiap orang tua akan berbahagia bila memiliki buah hati dari pernikahannya. Namun, dibalik kebahagiaan tersebut tidak sedikit yang kebingungan bagaimana cara merawat buah hatinya. Maka dari itu, para orang tua harus mengetahui perkembangan bayi 2 bulan karena pada usia tersebut awal mula kehidupan bayi di dunia ini.

1.     Penglihatan

Bayi yang menginjak usia 2 bulan akan memiliki penglihatan yang lebih cerah.Perkembangan bayi 2 bulan pada indra penglihatan bayi mulai berkembang dan mengenal banyak warna. Pada usia sebelumnya, bayi hanya bisa melihat warna hitam dan putih saja. Bahkan, mata sang bayi yang di awal kelahirannya terus  memejamkan matanya, kini mulai terbuka.

Orang tua bisa memberinya aneka mainan yang digantungkan dengan warna-warni agar penglihatan bayi lebih terangsang. Otot yang terdapat pada bola mata semakin kuat, bahkan pupil berwarna hitam pada mata mulai lincah bergerak ke kanan dan kiri. Bayi pada usia ini mulai melihat objek dengan sempurna.

2.     Pendengaran

Bayi baru lahir belum dapat mendengar sempurna hingga usia 2 bulan. Pada usia tersebut organ pendengaran bayi mulai terbentuk sempurna. Bahkan, bayi bisa belajar berbicara dengan mendengarkan bahasa yang diucapkan ibu pada dirinya di usia tersebut, meskipun bayi belum bisa berbicara.

Saat usia 2 bulan, semua perkataan yang bayi dengar akan terekam pada otaknya hingga besar nanti. Maka dari itu, orang tua sebaiknya berbicara yang baik-baik pada bayi, meskipun mereka belum bisa berbicara. Namun, kata-kata yang didengarnya akan terus disimpan di dalam pikiran bawah sadarnya selamanya.

3.     Gerak Motorik

Bayi saat pertama lahir adalah makhluk mungil lemah bahkan  mengangkat kepalanya tidak bisa dilakukan sendiri. Namun, gerak motorik pada perkembangan bayi 2 bulan mulai lincah. Tangan dan kaki bayi mulai bergerak-gerak lincah seakan menggapai sesuatu. Kepala bayi juga bisa menoleh.

Orang tua bisa menstimulasi gerak motoriknya secara terus menerus. Khususnya ibu, bayi bisa diajak bermain dengan memberinya mainan tangan dengan berbagai bentuk menarik serta melatih motorik dengan cara memanggil namanya agar bayi menoleh.

4.     Tampilan Fisik

Fisik bayi mulai berubah saat menginjak usia 2 bulan. Pada usia tersebut wajah bayi mulai terbentuk dengan menyerupai wajah yang lebih mirip dengan ibunya atau ayahnya. Rambut bayi mulai lebat, serta berat badannya mulai naik. Saat usia tersebut bayi lebih banyak minum air asi sehingga perubahan fisiknya meningkat drastis.

Bayi pada usia 2 bulan, mulai senang memainkan air liurnya atau ngeces. Hal tersebut ditandai dengan suara pertama yang dikeluarkannya selain suara tangisan. Saat usia tersebut fisik bayi terlihat lebih besar dan juga mulai mengecas sambil sesekali mengeluarkan suaranya, kadangkala juga bayi menjerit.

5.     Mulai Peka terhadap Rangsangan

Bayi lebih senang digendong pada usia 2 bulan. Rangsangan pada perkembangan bayi 2 bulan mulai peka sehingga bayi mulai bisa berekspresi rasa tidak nyaman, kesakitan, serta rasa bosan dengan cara menangis. Rangsangan yang diberikan kepada bayi berupa permainan olah kata, ekspresi wajah, dan juga mengajak bayi bernyanyi.

Namun, tidak sedikit bayi yang merasa bosan dengan rangsangan seperti itu sehingga diekspresikan dengan cara menangis. Ibu harus segera menggendong dan memeluknya saat bayi mulai merasa bosan agar nyaman. Sayangnya, mitos yang ada di Indonesia tidak boleh terlalu lama menggendong bayi karena akan menjadi kebiasaan.

Orang tua yang memiliki bayi adalah sebuah kebahagiaan karena memiliki buah hati tercinta dari pernikahannya. Namun, tidak sedikit yang merasa kebingungan untuk merawat bayi karena perkembangannya yang pesat dan juga perubahannya yang berbeda setiap bulannya. Maka dari itu, orang tua harus mengetahui perkembangan bayi 2 bulan.