25/02/2021

sixteen Tempat Kuliner Legendaris Di Bandung

7 min read

ilustrasi/foto: Selain dikenal dengan tempa wisatanya yang indah dan menarik, Kota Bandung juga dikenal sebagai salah satu surganya kuliner, tak heran kalau bandung jadi tujuan wisata kuliner dari berbagai daerah hanya untuk mencicipi kuliner khas kota ini.

Bahkan masih ada kuliner legendaris Bandung jaman dulu sampai sekarang masih tetap eksis dan populer. Berikut halobdg.com sajikan daftar rekomendasi tempat kuliner legendaris di Bandung.

1. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan salah satu tempat paling autentik yang ada di Kota Bandung. Tempat makan ini berdiri sejak 1929 yang dulu namanaya “het Snoephuis” yang berarti toko makanan manis.

Sesuai dengan namanya, Sumber Hidangan menjual makanan-makanan manis, seperti roti, kue, dan es krim. Selain roti ada juga nasi goreng, nasi goreng spesial, bistik dan Wiener Schnitzel yang bisa dicicipi. Bistik merupakan menu favorit di Sumber Hidangan karena guyuran saus spesialnya yang benar-benar otentik.

Hingga saat ini, toko Sumber Hidangan masih menjual camilan tradisional khas Belanda, seperti Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes. Nah kalau kesini wajib cobain es krimnya yang pasinya uenak banget.

Lokasi: Jalan Braga No.20-22, Sumur Bandung.
Jam buka: 9.30 WIB – 15.30 WIB

2. Braga Permai

Restoran Braga Permai sudah berdiri sejak tahun 1923 memiliki nama Belanda Maison Bogarijen. Pada masanya, restoran ini menjadi favorit tokoh terkemuka di kerajaan Belanda dan juga Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Restoran ini menyajikan menu makanan khas dari seluruh dunia. Dengan porsinya cukup besar dan mengenyangkan, Braga Permai juga menyedikan berbagai pilihan roti, kue, es krim yang menggugah selera. Ada juga Bebek saus jamur, beef fondue, sampai sirloin steak yang rasanya akrab di lidah orang Indonesia.

Lokasi: Jl.Braga No.fifty eight Bandung

three. Tizi Cake Shop & Restaurant

Cafe legendaris ini memiliki desain interior yang menarik; ruang semi terbuka dengan taplak meja merah kotak-kotak yang penuh kenangan nostalgia.

Cafe yang sudah ada sejak 1974 ini cocok sekali untuk yang ingin merasakan menu makanan ikonik dengan rasa otentik yang terjaga hingga kini.

Tizi menyajikan banyak menu makanan legendaris yang menjadi andalannya selama bertahun-tahun. Makan di sini wajib mencoba menu Schaschlik, steak dan juga pizza-nya yang begitu ikonik.

Tizi juga menjual berbagai roti dan kue jaman dulu, lho! Seperti misalnya Rhum Truffle, Kaseroll, Apfel Struddle dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Bandung
Jam Buka: eleven.00 – 23.30 WIB

4. Toko You

Tempak makan ini bernuansa klasik dengan gerbang kayu bertuliskan “12” di bagian depannya. Toko You dulunya bernama Het Snoephoekje dan sudah ada sejak 1947.

Mulanya toko ini hanya menjual roti dan keju untuk memenuhi kebutuhan makanan kecil orang Belanda. Nah, saat ini, menu di Toko You sudah sangat beragam. Bahkan kalian dapat memesan jamu yang diracik sendiri oleh pengelolanya.

Menu Populer adalah mie yamin yang legendaris. Mie yamin asin atau manis ini disajikan dengan tambahan kuah kaldu spesial dengan bakso pastinya enak banget.

Ada juga menu nasi goreng, rawon, ayam mentega, pilihan menu chinese language meals hingga steak yang rasanya tidak pernah berubah sejak dahulu. Teh tawar yang disajikan di restoran ini juga begitu klasik dengan warna merah pekat dan wanginya yang begitu harum, beda dari teh tawar di kebanyakan restoran saat ini.

Lokasi: Jl. Hasanudin no.12, Bandung
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 – 22.00

5. Roti Gempol

Roti bakar memang sudah biasa ditemui di berbagai kota. Camilan asal Bandung ini kerap menjadi teman saat harus begadang. Roti Bakar Gempol yang legendaris ini sudah ada sejak tahun 1958.

Roti bakar yang disajikan di Roti Gempol memiliki banyak varian isian, mulai dari yang manis seperti selai kacang dan meses hingga yang gurih seperti smoked beef, telur, keju dan lainnya.

Ada berbagai pilihan roti untuk dibakar, seperti roti tawar, roti manis, dan roti gandum. Ukurannya sangat besar, berbeda dengan roti biasanya lantaran dibuat sendiri. Kalian juga bisa menikmati menu lain seperti mie yamin, bakso, parata, donat dan berbagai jenis roti lainnya.

Lokasi: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kota Bandung
Jam buka: 07.00-21.00 WIB

6. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama sudah dibuka sejak tahun 1930. Warung Kopi ini terkenal dengan sebutan Chang Chong Seng, yang bisa diartikan “sekali mencoba”.

Namun, nama itu harus berganti pada tahun 1966 seiring munculnya kebijakan pemerintah Orde Baru untuk menggunakan nama berbahasa Indonesia.

Kopi susu panas adalah salah satu menu utamanya. Mereka mempertahankan sajian kopi susu tradisional dengan racikan bubuk kopi Aroma–salah satu pabrik kopi legendaris Bandung–yang dicampur dengan susu kental manis.
Tak hanya menyajikan berbagai minuman kopi, di sini Anda pun dapat memesan kudapan seperti lumpia goreng, roti bakar, dan roti dadar ham.

Lokasi: Jl. Alkateri No. 22, Braga, Kota Bandung
Jam buka: 06.30-22.00 WIB

7. Toko Roti Sidodadi

Toko roti legendaris yang sudah ada sejak tahun 1954 ini menjual roti-roti jadul dengan rasa otentik, sama seperti awal toko ini berdiri.

Lokasinya berada dipusat Kota Bandung, Sidodadi merupakan salah satu toko roti yang selalu penuh oleh pengunjung. Ada yang bilang belum ke Bandung jika tak mampir ke Toko Roti Sidodadi.

Di dalam etalase kaca jadul di dalam toko ini terdapat sekitar 30 varian rasa roti yang bisa dipilih di antaranya roti gambang, roti kranten, roti horn yang berisi vla susu, dan roti tawar frans dengan isi vla cokelat.

Roti di Sidodadi berbeda dengan roti khas Belanda pada zamannya. Jika roti buatan Belanda memiliki tekstur yang keras, tidak dengan Sidodadi tekstur rotinya lembut.

Lokasi: Jalan Otto Iskandar Dinata No.255, Astana Anyar
Jam buka: 10.00 WIB – 20.00 WIB

8. Rasa Bakery & Cafe

Butuh yang segar-segar? mampirlah ke Rasa Bakery & Cafe yang sudah ada sejak 1936 berlokasi di Jl. Tamblong. Berbagai es krim jadul dan selfmade wajib dicicip saat ke sini.

Awalnya, kafe ini bernama Hazes, yang merupakan produsen kuliner asal Belanda. Keistimewaan sejumlah menu roti, permen, dan kue ada juga menu ala Eropa mulai dari kue soes, bitterballen, lasagna, hingga es krim dengan berbagai varian.

Yang paling populer adalah Coco Royal Ice Cream. Es krim perpaduan antara rasa vanila, cokelat, dan stroberi yang disajikan di sebuah batok kelapa. Sajian itu dilengkapi dengan kue wafer, buah, dengan air kelapa yang disajikan terpisah.

Lokasi: Jalan Tamblong No.15, Sumur Bandung
Jam buka: 08.00 WIB – 21.30 WIB

9. Bandoengsche Melk Centrale

Restoran yang sudah ada sejak 1920 ini merupakan kuliner legendaris di Bandung yang cocok untuk nostalgia. Ada juga stay musik yang membawakan musik klasik maupun irama jazz.

Menu yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari menu olahan susu seperti susu murni, yoghurt, es krim, susu kambing dan sebagainya. Ada juga minuman legendaris andalan BMC, seperti yoghurt shake, yoghurt cocktail, teh masala, pina colada.

Mau makanan berat juga tersedia di sini, Seperti nasi bakar, nasi pepes, nasi liwet, makaroni panggang, sup buntut, gulai hingga gado-gado.

Untuk yang suka ngemil bisa memesan kentang goreng, risoles, batagor, klappertaart, creme brulee dan berbagai jenis pastry lainnya.

Lokasi: Jl. Aceh No. 30, Bandung
Jam Buka: 08.00 – 22. . Warung C’Mar

Secara usia, Warung C’Mar relatif jauh lebih muda, berdiri sejak 1990 Namun rasanya tak ada yang menandingi kepopuleran warung yang satu ini.

Warung C’Mar tak menyediakan sederhana saja, warung yang satu ini hanya menyediakan sajian ala rumahan. Mulai dari telur balado, capcay, tahu-tempe goreng, dan menu rumahan lainnya.

Awalnya, C’Mar dibuka untuk memenuhi kebutuhan loper koran yang beraktivitas di bantaran Sungai Cikapundung, Bandung. Seiring berjalannya waktu, nama C’Mar kian populer, khususnya di kalangan anak muda.

Sampai saat ini, popularitas C’Mar terus meroket. Meski harga yang ditawarkan kian mahal, tapi warung ini kerap menjadi kesukaan pesohor-pesohor ibu kota.

Lokasi: Jalan Terusan ABC No. 21, Sumur Bandung
Jam buka: 16.00 WIB – 05.00 WIB

11. Rumah Makan Linggarjati

Rumah makan yang buka sejak 1950 menawarkan menu Yamin sebagai kuliner legendarisnya. Yamien dengan mie yang kenyal dan kuah yang gurih ini disajikan dengan topping yang bisa kita pilih sesuai selera, seperti bakso, pangsit, babat, tahu, dan masih banyak lagi. Untuk minumannya jangan lupa memesan jus alpukatnya yang segar dan rasanya beda dari jus alpukat lainnya.

Lokasi: Jalan Balonggede No. 1, Bandung
Jam Buka : 08.30 -19.00 WIB

12. Batagor Riri

Banyak sekali tempat makan batagor yang enak dan terkenal di Bandung. Salah satunya Batagor Riri batagornya yang legendaris di Bandung yang mulai berjualan sejak tahun 1985.

Batagor Riri menjadi tempat makan wajib bagi wisatawan dari berbagai wilayah. Bahkan, batagor dengan bumbu kacang yang spesial ini juga menjadi favorit bagi artis dan pejabat.

Lokasi: Jalan Burangrang No. forty one, Bandung
Jam Buka : 08.00 -20.00 WIB

13. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha merupakan tempat makan legendaris dengan menu makanannya murah meriah. Rumah makan ini terbilang spesial karena pernah disambangi oleh Presiden Soekarno.

Warung Bu Eha sudah berdiri sejak 1947 ini, menyediakan menu makanan khas rumahan, seperti pepes ikan, gepuk, urap, gulai, dan makanan khas Sunda lainnya. Meskipun berada di dalam pasar, Warung Bu Eha ini cukup bersih dan nyaman.

Lokasi: Pasar Cihapit, Jalan Cihapit No. 8A, Bandung
Jam buka: 07.00-15.00 WIB (Senin-Sabtu)

14. Yoghurt Cisangkuy

Mau yang segar- segar ya ke Yoghurt Cisangkuy pastinya. Dari namanya saja sudah pasti sudah menyajikan menu yoghurt. Ada sekitar 25 varian yoghurt yang bisa Anda pesan di sini.

Youghurt Cisangkuy sudah buka sejak 1976 dan terus berinovasi menciptakan yoghurt yang tidak ketinggalan zaman. Selain yoghurt, di sini Anda dapat memesan makanan seperti kentang goreng, sizzling canine, bakso, dan nasi goreng.

Lokasi: Jalan Cisangkuy No. sixty six, Citarum, Bandung

15. Pisang Goreng Simanalagi

Pisang Goreng Simanalagi Dalem Kaum ini merupakan kuliner legendaris dan jadi favorit di Bandung. Pisang Goreng Simanalagi Dalem Kaum ini sudah ada sejak 1948 oleh waraga keturunan Tionghoa bernama Ny. Tjiong.

Tempat makan ini hanya menyediakan meja sederhana untuk kamu yang ingin menyantap pisang goreng langsung di sana. Ada beberapa menu gorengan lain yang disediakan, seperti combro, ubi bola, gandasturi, dan gehu. Ada juga kue basah, kue kering, dan jajanan zaman dulu seperti sarsaparilla dan orange crush.

Bagi penggemar pisang goreng jangan lewatkan Pisang Goreng Simanalagi Dalem Kaum saat berkunjung ke Bandung.

Alamat: Jl. Dalem Kaum No.10, Balonggede, Regol, Kota Bandung
Jam buka: 09.00-19.00 WIB

sixteen. Ronde Alkateri

Ronde Alkateri cukup populer di kalangan pecinta kuliner, warung yang menyediakan minuman penghangat tubuh ini terbilang cukup legendaris. Bahkan dari tahun 1984, racikan dari rondenya tak pernah berubah. Tak heran jika warung ini tak pernah sepi pengunjung.

Warung Ronde di Alkateri ini memiliki cita rasa khas. Seporsinya terdiri dari kuah jahe dan ronde. Menariknya, ronde di sini terbagi menjadi dua, yaitu ukuran besar dan kecil. Dengan warna yang berbeda-beda, kamu bisa menemukan kacang tanah di ronde ukuran besar. Sementara ronde kecil memiliki tekstur kenyal yang bikin pengen nambah lagi.

Alamat: Jalan HOS. Tjokroaminoto No.104, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung
Jam buka: 12.00-22.00 WIB

You may have missed