28/02/2021

Tips Sukses Jualan Token Listrik Bagi Pemula

3 min read

 

Saat ini, bisnis tak lagi mengenal tempat dan waktu. Berbeda dengan dulu, bisnis cenderung memerlukan tempat usaha dan waktu tertentu. Kini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, Anda bahkan bisa memperoleh rupiah tanpa kenal tempat dan waktu. Salah satunya dengan berjualan token listrik Pra-Bayar.

Listrik Pra-Bayar atau token listrik merupakan layanan listrik dari PLN yang menerapakan sistem pulsa. Berdasarkan informasi tersebut, maka listrik Pra-Bayar bisa menjadi bidang kegiatan unit bisnis baru yang bisa dicoba oleh setiap orang. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis, tidak ada salahkan mencoba jualan token listrik.

Meski terbilang cukup mudah, agar bisa menjual token listrik secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang perlu disiapkan

Seberapa besar peluang jualan token listrik?

Sebelum membahas persiapan, ada baiknya kita mengatahui terlebih dahulu peluang bisnis yang akan dijalankan. Token listrik PLN terbilang peluang bisnis yang relatif baru, akan tetapi banyak pengguna yang tertarik untuk beralih dari sistem Pasca-Bayar menjadi sistem Pra-Bayar, utamanya mereka dari kalangan perumahan.

Dengan peralihan yang masif tersebut, maka dapat dipastikan bahwa produk ini memiliki mangsa pasar dalam jumlah yang besar. Apalagi listrik bersifat kebutuhan primer, artinya token listrik akan selalu dibutuhkan tanpa mengenal masa pensiun. Dengan membuka bisnis di bidang ini, Anda bisa memperoleh peluang tanpa mengenal batas waktu dan tempat.

Yang pertama kali kita butuhkan ialah mempelajari metode promosi yang paling efektif untuk mendapatkan pelanggan. Misalnya, Anda membuat selebaran kertas promosi bahwa Anda menjual token listrik. Cara seperti ini bisa Anda coba dengan target utama sahabat, kerabat, dan tetangga dekat rumah. Berikan layanan ekstra, bahwa Anda siap melayani pembelian 24 jam misal, atau bayar belakangan.

Meski terbilang sepele, promosi seperti ini dirasa efektif. Bayangkan saja, jika pulsa listrik seseorang habis jam 1 dini hari, mau beli dimana? Nah, Anda bisa mengatur pesan masuk dengan ringtone yang keras sehingga memungkinkan Anda bangun ketika ada pesan masuk. Akan tetapi, khusus pembayaran di belakang, Anda perlu hati-hati kepada siapa Anda menjual token listrik.

Sementara itu, jika Anda ingin mengefisiensi waktu, Anda juga bisa menjadi penjual utama, yang kemudian dijual kembali oleh agen atau distributor impuls listrik online di bawahnya. Kami tidak akan membahas perihal jenis agen yang bisa Anda pilih. Yang jelas Anda perlu memperhatikan secara matang sebelum memilih agen terpercaya.

Merealisasikan Bisnis Token Listrik

Modal

Modal menjadi pembahasan paling krusial. Tentu saja, sebagian bisnis pasti memerlukan modal untuk persiapan awal memulai bisnis. Nah, terkait bisnis berjualn token listrik PLN, jumlah nominal listrik yang bisa dijual mulai dari dua puluh ribu hingga satu juta rupiah. Dengan demikian, sebenarnya modal yang diperlukan tidaklah besar. Mungkin, saldo untuk topup awal berkisar satu hingga dua juta sudah cukup untuk memutar siklus bisnis.

Smartphone atau Komputer

Sebagaimana penjualan pulsa, menjual token listrik PLN juga perangkat yang akan digunakan melakukan permintaan token kepada penyedia layanan PLN. Paling simpel, saat ini Smartphone sudah bisa digunakan untuk bertransaksi token listrik dengan aplikasi-aplikasi PPOB. Cukup dengan Smartphone di genggaman, koneksi listri, dan aplikasi PPOB, bisnis sudah bisa dijalankan.

Printer (Dianjurkan)

Biasanya, jual token listrik akan sepaket dengan pembayaran tagihan listrik bulanan. Dengan demikian, sebaiknya Anda menyiapkan printer guna menyiasati pelanggan yang meminta bukti pembayaran. Bahkan, terkadang token listrik (kode) lebih menarik ketika dicetak menggunakan printer sebagai penunjang profesionalitas penjual.

Nah, itu tadi tips sukses bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis token listrik. Kuncinya lain, adalah semangat dan terus menerus melakukan inovasi agar bisnis berkembang.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.