25/02/2021

Wisata Kuliner Garut Lezat Ini Rasanya Nggak Kalah Menggoda

3 min read

19 Maret 2019 by Trifena Putri Enaknya nampol banget! | keepo.me Raos pisan euy!
Selama ini, wisata kuliner Garut yang paling populer di kalangan turis dari luar daerah adalah dodolnya. Padahal, kuliner Garut nggak sekadar olahan santan dan gula saja. Masih ada banyak makanan lainnya yang bisa memanjakan lidah.

Kota yang dijuliki Swiss Van Jawa ini memiliki beragam kuliner dengan cita rasa khas Sunda. Dengan bumbu rempah yang lengkap, deretan makanan ini akan membuatmu puas tanpa merasa enek karena tidak menggunakan santan.

eight wisata kuliner Garut yang nikmat dan Sunda banget
Selain menjelajah berbagai destinasi yang menarik, kamu juga harus mencicipi wisata kuliner Garut. Banyak variasi penganan yang bisa kamu coba. Apalagi buat yang suka dengan makanan khas Sunda.

1. Soto Garut dengan taburan keledai bubuk goreng
Ditaburi bubuk keledai nikmat | Salah satu wisata kuliner Garut yang nggak boleh dilewatkan adalah Soto Garut yang enaknya nggak tanggung-tanggung. Dilihat dari tampilannya saja sudah menggugah selera. Apalagi ada isian lengkap yang mengintip dibawah taburan bubuk kedelai.

Yang membedakan soto ayam Garut dengan soto lainnya adalah tambahan bubuk kedelai gurihnya. Kuahnya yang berwarna pekat dengan bumbu dan rempah lengkap, cocok disantap selagi hangat.

2. Nasi Liwet dengan tambahan lauk super lengkap
Nasi liwetnya mantap! | Makanan khas Garut yang satu ini, selalu diburu para pengunjung yang datang ke kota di daerah Jawa Barat ini. Olahan nasi dengan bumbu lengkap ini membuat rasa nasinya gurih dan nikmat meski disantap tanpa lauk.

Biasanya di sepiring nasi liwet, dimasukkan potongan pete dan teri kering yang membuat aromanya semakin menggoda. Kamu bisa memakannya dengan ikan goreng, tumis kangkung, tempe, tahu, sambal, dan lalapannya.

3. Burayot, kue khas Garut yang rasanya manis
Camilan manis yang menggoda lidah | Nikmati wisata kuliner Garut lainnya yang sudah semakin jarang ditemui karena tersisih dengan jajanan kekinian lainnya. Burayot adalah kue yang namanya diambil dari bahasa Sunda yang berarti menggelantung. Bentuk makanan ini memang menggelantung.

Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, kacang tanah, dan gula merah yang digoreng di minyak panas. Akan lebih nikmat kalau kamu menyantap camilan ini saat masih hangat, karena bentuknya akan semakin kisut jika sudah dingin.

Baca juga: Kuliner Lombok yang Jadi Surganya Pecinta Makanan Pedas

four. Baso Aci yang disukai di banyak kota
Kenyal-kenyal enak | Salah satu wisata kuliner Garut terbaru yang kini jadi salah satu makanan kekinian adalah Baso Aci atau yang sering disebut dengan boci. Makanan yang berisi baso aci, ceker, dan balungan yang dimasak dengan kuah merah digemari banyak orang.

Rasa pedas gurih dan baso kenyalnya membuat makanan ini langsung jadi favorit. Bahkan sekarang sudah ada baso aci versi instan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah Garut.

5. Awug terasa nikmat dengan lelehan gula merah yang manis
Dengan lelehan gula jawa | Jika berkunjung ke Garut, jangan lupa mencicipi jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan gula merah bernama awug ini. Keunikan awug ada pada bentuknya yang mengerucut seperti tumpeng dengan garis coklat yang berasal dari lelehan gula.

Jika dilihat dari bahan dasar dan cara pembuatannya, awug mirip dengan kue putu. Bedanya ada di bentuknya yang lebih kecil saja. Makanan ini juga lebih nikmat disantap saat masih hangat dengan taburan kepala parut di atasnya.

6. Sambal Cibiuk yang segar dan pedas
Sambal khas Sunda | Kurang rasanya jika kamu menjelajah wisata kuliner Garut tapi tidak mencicipi sambal cibiuk yang pedas sekaligus segar. Dilihat dari warnanya yang hijau, sambal ini terbuat dari cabai tomat hijau, rawit hijau, dan juga daun kemangi.

Semua bahannya masih segar, kamu bisa menikmati rasa sambal yang biasanya disajikan di atas cobek kecil. Sambal ini bisa disantap sebagai pendamping nasi liwet atau sekadar dicocol dengan ikan goreng garing atau tempe.

Baca juga: 10 Kuliner Solo Terenak yang Bikin Ketagihan

7. Es Goyobod dengan isian yang sangat lengkap
Segar banget! | Setelah puas mencicipi semua makanan, kini saatnya kamu menikmati segelas es goyobod yang segar. Minuman khas Garut ini memang tidak jauh beda dari es campur pada umumnya. Yang bikin beda dari yang lainnya adalah adanya tambahan potongan tepung kanji di dalamnya.

Kamu akan merasakan nikmatnya kesegaran es campur sekaligus kenyalnya olahan tepung kanji tersebut. Es goyobod ini banyak dijajakan di pinggir jalan. Minuman segar ini akan semakin mudah ditemui saat Ramadan tiba karena sering dijadikan takjil.

Artikel Lainnya Selama berada di kota ini, kamu wajib menikmati wisata kuliner Garut sepuasnya mulai dari makanan berat hingga camilannya. Rasanya yang nggak bikin enek, membuat kamu bisa puas menjelajah kuliner Garut seharian.

Tags :

You may have missed