Wow! Ini Dia 10 Kuliner Bandung Yang Paling Dicari

Bandung, seperti tak ada habisnya memiliki tempat yang asik untuk di kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak sekali destinasi wisata salah satunya adalah wisata kuliner yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Apa saja sih 10 kuliner Bandung yang paling dicari? Berikut adalah ulasannya :

1.Martabak Bandung
Siapa yang tak kenal martabak, makanan yang memiliki citarasa manis dan gurih ini. Untuk saat ini martabak manis sudah sangat banyak variannya. Mulai kulit adonan rasa original, pandan, sampai kopi. Untuk toppingnya pun bermacam macam, ada ketan hitam, toblerone, kitkat hingga nutella. Beberapa tempat makan martabak yang terkenal di Bandung: Martabak San Fransisco (Jalan Burangrang), Martabak Canada (Kebon Kawung), Martabak Nikmat (Andir), Martabak Good (Cibadak) dan Martabak Mr. Black dengan adonan coklat/kopinya di Abdurrahman Saleh.

2.Kupat Tahu Gempol
Terletak di Pasar Gempol, Jl. Gempol Wetan. Saus kacangnya sangat halus teksturnya dan rasa kacangnya sangat kental. Kerupuk pink yang garingnya juga pas banget untuk menyeimbangkan tekstur keseluruhan makanan tersebut. 1 porsinya dibandrol Rp 15.000,-, buka dari pagi hingga kurang lebih jam eleven siang saja. Jadi untuk yang berlibur di Bandung, usahakan untuk bangun pagi pagi ya sebelum kehabisan!.

3. Ambokueh (Non – Halal)
Makanan Hokkien ini terbuat dari kue berbahan tepung beras yang diiris-iris kemudian dicampur dengan irisan lapcheong (sosis babi), ngohiong (olahan daging babi dan ikan/udang), tahu goreng, telur kecap, cakue (kadang-kadang) dan timun. Setelah itu disiram dengan kuah kental dan sedikit cuka. Saat ini penjual ambokueh sudah agak jarang, namun makanan enak Bandung ini masih bisa ditemukan di Jalan Kebonjati, GOR Pajajaran dan Setiabudi Supermarket (di sebelah konter Mie Anugrah di lantai yang ada Periplus).

4.Nasi Tutug Oncom
Nasi tutug oncom ini sama seperti namanya, yakni perpaduan nasi yang di campur dengan oncom. Menu yang dihidangkan biasanya di temani sayur asem dan ayam goreng. Salah satu tempat makan yang beneficial untuk makan Nasi Tutug Oncom di Bandung adalah di Sangrai, depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda. Di sana ayam gorengnya bisa diganti burung puyuh yang memang specialty menu di Sangrai.

5.Nasi Cikur
Cikur adalah bahasa sunda dari kencur. Jadi nasi cikur ini adalah nasi yang dimasak menggunakan bumbu kencur dan bumbu dapur lainnya. Biasanya penyajiannya di temani sayur sayuran, ayam goreng/ bakar, gepuk, dan sambal.

Salah satu warung di Bandung yang menu spesialnya nasi cikur adalah Warung Inul di daerah Dago Resort. Sudah 2 kali pindah tempat, lokasi terakhirnya saat ini dekat Marbella Suite Hotel di area Dago Resort. Buka setiap hari jam 7.00 – 21.00.

6.Nasi Kalong
Nasi kalong bisa dibilang makanan yang cukup over-rated. Entah karena banyak artis yang pernah mampir kesana atau karena antriannya yang sangat panjang untuk membeli nasi kalong. untuk harga bisa dibilang cukup pricey tetapi memang memiliki citarasa yang khas. Lokasi Nasi Kalong ini di Jalan Riau (R.E. Martadinata) 102, buka sekitar jam 7 malam sampai jam 3 pagi.

7.Perkedel Bondon
Bondon adalah bahasa sunda, jika di artikan artinya adalah PSK. Kenapa kuliner ini dinamakan perkedel bondon? Konon diberi nama itu karena jualannya malam-malam saat para bondon bekerja. Lokasi makanan Bandung enak ini di Stasiun Hall, masuk dari Jalan Otista, di salah satu warung nasi yang kalau malam di atas jam 10.30 sudah ramai antriannya. Biasanya mereka mulai menggoreng jam 11 malam.

eight.Nasi Kuning Pasirkoja
Nas Kuning Pasirkoja ini ada 2 tempat nasi kuning enak yang sama-sama jualan di Jalan Pasirkoja. NKP Kiri baru buka sekitar jam 9 malam, lokasinya dekat sekali dengan persimpangan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo, di sebelah kiri (searah). Sayuran yang bisa dipilih: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom. NKP Kanan buka sedikit lebih awal yakni sekitar eight.30 malam, lokasi di sebelah kanan Jalan Pasirkoja sebelum persimpangan dengan Astana Anyar. Di sini bisa pilih mau pakai nasi uduk atau nasi kuning, Sayurannya pun lebih banyak pilihannya: rendang, telur, tahu, sayur waluh (labu siam), kentang kotak, soun goreng, tempe, dan sambal. Bonusnya di sini ada kentang kering.

Nasi kuning ini baru buka mulai dari jam eight.30 malam. Buka pada pagi hari yang biasanya justru untuk menu sarapan.

9.Mie Yamin
Mie yamin ini bentuknya mirip seperti mie ayam, hanya saja untuk bumbunya langsung di aduk dengan mie nya, yakni berupa kecap dan minya. Untuk toppingnya bisa pilih antara bakso, pangsit rebus, atau bakso tahu. Tapi kamu yang muslim mohon agar hati hati ya, karena terkadang mereka menggunakan minyak babi sebagai minyak campuran.

Beberapa Yamien Bandung yang cukup terkenal adalah: Mie Encek (Jalan Guntur), Bakmi Menara (TKI III), Mie Apin / Rainbow (Jalan Sukajadi) dan Mie Linggarjati (Jalan Balonggede). Beberapa tempat yamien enak lainnya yang terkenal: Mie Naripan, Bakmi Aloi (khas Palembang – non halal), Mie Rica Jalan Kejaksaan (non-halal).

10.Batagor bandung
Siapa yang tidak tahu batagor? Kuliner gurih dan easy ini adalah salah satu kuliner yang paling di cari di Bandung. Faktor enak biasanya dari olahan daging ikan, tahu dan sambalnya. Maklum, di Bandung banyak produsen tahu yang enak, makanya banyak batagor yang enak pula tahunya. Sambalnya biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Beberapa batagor yang terkenal di Bandung di antaranya: Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

Nah itu dia 10 kuliner yang paling di cari di Bandung. Untuk berlibur ke bandung tidak perlu kawatir, saat ini sudah banyak Shuttle yang menyediakan service level to level. Diantarnya Shuttle Jurusan Jakarta – Bandung, Shuttle Jurusan Kuningan – Bandung, Shuttle Jurusan Cirebon – Bandung, maupun Shuttle Jurusan Karawang – bandung.

Semoga Berguna.
Senang Bisa Berbagi.