Yang Baru Dan Kekinian Di Bandung, Teras Cihampelas

detikTravel Community – Kota Kembang Bandung selalu menawarkan berbagai spot wisata menarik. Yang terbaru, ada Teras Cihampelas yang tengah hits di kalangan anak muda.

Rasa penasaran yang besar, akhirnya saya mengajak keluarga jalan-jalan ke Bandung khusus untuk mengunjungi tempat yang baru diresmikan Bulan Februari lalu di daerah Cihampelas, yaitu Teras Cihampelas.

Teras Cihampelas adalah ruang publik berupa jembatan pedestrian di atas udara atau skywalk. Teras Cihampelas ini merupakan skywalk pertama di Indonesia, bahkan di dunia kata walikotanya.

Teras Cihampelas memiliki panjang 450 meter dan lebar sekitar 9 meter. Ketinggian jembatan mencapai four,6 meter dari permukaan jalan. Tepatnya dibangun di atas jalan Cihampelas yang terkenal dengan Mall Cihampelas Walk (Ciwalk) dan pusat fashion untuk anak muda.

Untuk naik ke teras, telah disediakan akses tangga di sisi kiri kanan jalan. Teras terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona taman, zona suvenir yang meliputi kaos dan berbagai macam pernik, serta zona kuliner.

Keadaan di atas teras sangat ramai oleh pengunjung, apalagi saat weekend. Hampir di setiap zona dipadati oleh pengunjung. Aktifitas utama pengunjung adalah berfoto bersama (wefie) dan selfie. Bahkan disediakan spot khusus untuk berfoto dengan bingkai bertuliskan Teras Cihampelas.

Pengunjung juga banyak yang menikmati kuliner yang tersedia seperti bakso, somay, kue-kue dengan harga kaki lima atau belanja oleh-oleh seperti suvenir berupa kaos bertuliskan bandung atau aksesoris lainnya.

Udara di atas tidak panas walaupun tidak ada atap. Hal ini karena banyaknya pohon-pohon yang menutupi teras dan udara kota bandung yang cukup dingin.

Kebersihan di atas juga cukup bersih dengan tempat sampah yang cukup dan spanduk kampanye dilarang buang sampah sembarangan yang didesain menarik dan dipasang hampir disetiap sudut.

Pada malam hari juga ramai, tersedia lampu penerangan yang cukup dengan beberapa lampu hias menambah ramai suasana. Bagi pengunjung yang kecapaian jalan, dapat duduk-duduk di bangku yang banyak tersedia di sepanjan teras.

Selain bangku taman, Teras Cihampelas juga dilengkapi dengan fasilitas lain berupa rest room umum dan Musollah sebagai tempat ibadah.

Selain itu, salah satu fasilitas yang yang sangat baik dari Teras Cihampelas ini adalah sangat ramah Difabel. Dimana tersedia jalur khusus untuk penyandang difabel dan rencananya akan disediakan raise khusus penyandang difabel.

Teras Cihampelas adalah tempat yang menarik dan dapat menjadi ikon baru Kota Bandung. Konsep ruang publik skywalk ini dapat di contoh di kota-kota lain yang kesulitan menemukan ruang kosong dAN harga tanah yang selangit seperti Jakarta, Surabaya dan lainnya.